Rabu, 28 Januari 2015

Resep Membuat Kue Timpan Aceh Enak Praktis

 Bagi orang Aceh pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kue yang satu ini. Hal ini dikarenakan, kue timpan ini adalah merupakan kue tradisional khas aceh yang telah diwariskan dan sudah menjadi tradisi turun temurun di kalangan masyarakat Aceh. Kue timpan ini pada umumnya bertekstur lembek dan berbalut daun pisang , dimana isiannya ada yang menggunakan nangka, srikaya dan ada pula yang menggunakan durian (tergantung selera).

Resep Membuat Kue Timpan Aceh Enak
Proses pembuatan kue Timpan ini tidaklah sulit – sulit amat bahkan anda bisa dengan mudah membuatnya dirumah anda. Jika anda penasaran ingin tahu bagaimana sih resep membuat kue timpan tersebut, maka berikut ini adalah cara membuat kue timpan yang telah kami uraikan secara singkat agar mudah dimengerti dan dipaktekkan di rumah anda. Berikut adalah bahan dan cara mebuat kue timpan.
Bahan Membuat Kue Timpan :
Tepung ketan 200 gr
Pisang raja dihaluskan 250 gram
Santan kental 2 sdm
Garam1/4 sdt
Air kapur sirih 1 sdm
Bahan Isi:
Nangka masak cincang kecil 25 gr
Telur ayam 2 butir
Santan kental 50 ml
Gula pasir 100 gr
Kelapa muda parut halus 50 gr
Tepung terigu ½ sdt
Daun pandan 1 lembar
Vanilli ¼ sdt.
Cara Membuat Kue Timpan :
  • Langkah pertama, Membuat adonan kulit : Campurkan semua bahan dasar dengan cara aduk tepung ketan beserta pisang yang telah dihaluskan serta jangan lupa masukkan santan beserta air kapur dan garam sampai tercampur dengan rata. Setelah itu anda sisihkan sementara
  • Selanjutnya, Membuat isi : Kocok telur dan gula sampai kental dengar mixer atau sejenisnya (pada umumnya ibu ibu di Aceh meremasnya dengan menggunakan tangan jika tidak mempunyai mixer) lalu masukkan tepung terigu beserta santan kental. Kemudian aduk sampai rata dan tambahkan nangka masak (yang sebelumnya sudah dicincang kecil-kecil) dan kelapa muda parut halus lalu anda beri daun pandan. Kemudian masak hingga kental, setelah itu angkat dan beri vanilli lalu anda aduk rata lagi. Setelah matang, kemudian dinginkan dan gunakan nantinya sebagai isi kue timpan.
  • Terakhir, ambil daun pisang muda yang sebelumnya telah dipotong–potong sesuai dengan satu ukuran kue timpan. Lalu olesi dengan menggunakan minyak, kemudian tipiskan adonan kulit tadi di atas daun. Setelah itu beri adonan isi lalu digulung dan dibungkus, setelah itu kukus sampai matang selama sekitar kurang lebih kurang 10 menit. Kemudian setelah matan, kue timpan buatan anda siap untuk disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar