Rabu, 28 Januari 2015

Resep Membuat Ayam Betutu Bali Enak praktis

Resep Membuat Ayam Betutu Bali – Ayam Betutu adalah merupakan salah satu masakan ayam khas yang berasal dari Bali. Ayam betutu ini rasanya sangat nikmat dengan khas cita rasa pedas yang makin membuatnya terasa makyus. Seperti masakan khas asal Bali pada umumnya, Ayam Betutu khas Bali ini menggunakan bumbu cabai yang tergolong cukup banyak dan dimasak bersama-sama dengan ayamnya.

Resep Membuat Ayam Betutu Bali
Dalam mengolah/memasak ayam betutu ini sebaiknya menggunakan ayam kampung, karena berdasarkan pengalaman rasa ayam kampung ini lebih nikmat dibanding ayam negeri (ayam pedaging). Proses pembuatan ayam betutu ini bisa dikategorikan tidaklah terlalu sulit dan bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara membuatnya, berikut ini adalah resep membuat ayam betutu khas bali yang telah kami uraikan secara singkat agar mudah dimengerti dan dipraktekkan dirumah anda. Nah, tanpa berlama – lama lagi, berikut adalah bahan yang perlu adan siapkan dan step cara membuat ayam betutu.
Bahan Membuat Ayam Betutu Bali :
1 ekor ( 1½ kg ) ayam ukuran besar
100 gr daun singkong muda (rebus sampai lunak, lalu peras dan potong-potong)
5 sdm minyak, untuk menumis
aluminium foil/ daun pisang (untuk pembungkus)
Bumbu Halus (dihaluskan) :
5 buah kemiri, disangrai
7 buah cabai merah dan 5 rawit
10 buah bawang merah
1 sdt terasi
1 sdm lengkuas dicincang
5 buah bawang putih
1 sdm ketumbar, disangrai
1½ sdm serai, diiris halus
2 sdt merica bulat
½ sdt pala bubuk
2 sdt kunyit dicincang
2 sdt kencur dicincang
4 lembar daun jeruk purut
2 sdt jahe dicincang
garam dan gula (sesuai selera)
Cara Membuat Ayam Betutu Khas Bali :
  • Langkah pertama, tumis bumbu halus hingga beraroma harum dan terlihat kering. Lalu anda angkat dan dinginkan, kemudian bagi menjadi 2 bagian.
  • Selanjutnya, campur satu bagian bumbu dengan daun singkong. Lalu masukkan kedalam rongga badan ayam, kemudian semat lubangnya dengan tusuk gigi dan lumuri sisa bumbu pada bagian permukaan ayam dan area di bawah kulit. Setelah itu bungkus dengan beberapa lapis daun pisang dan ikat erat dengan menggunakan tali.
  • Terakhir, panggang dalam oven dengan suhu panas 180°C, selama kurang lebih 2-3 jam hingga matang. Setelah itu angkat, potong-potong sesuai selera, lalu ayam betutu buatan anda siap untuk hidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar