Rabu, 28 Januari 2015

4 Wisata di Bengkulu yang Populer

  1. Benteng Marlborough
Tempat wisata di Bengkulu , Benteng Marlborough
Tempat wisata di Bengkulu , Benteng Marlborough
Bukan, bukan sebuah merek produk rokok. Melainkan sebuah benteng bersejarah yang menjadi bukti fisik bahwa bangsa Inggris pernah menduduki Bengkulu. Dulunya, Benteng Marlborough digunakan untuk benteng pertahanan. Dibangun di atas lahan seluas sekitar 200 meter persegi, benteng ini mulai dibuat pada tahun 1713 dan selesai enam tahun setelahnya atau pada tahun 1719. Benteng ini disebut sebagai benteng terkuat kedua yang pernah dimiliki bangsa Inggris saat itu di wilayah bagian timur, setelah benteng mereka di India, Benteng St. George. Uniknya, jika Anda melihatnya dari atas, Anda dapat melihat bentuk lokasi benteng yang menyerupai kura-kura. Bahkan, ada sebuah jembatan di benteng yang seperti menghubungkan bagian badan dengan kepala ‘kura-kura’ tersebut.
  1. Rumah Pengasingan Bung Karno
Tempat wisata di Bengkulu, Rumah Pengasingan Bung KarnoTempat wisata di Bengkulu, Rumah Pengasingan Bung Karno
Tempat wisata di Bengkulu, Rumah Pengasingan Bung Karno
Jika Anda mengikuti cerita sejarah Indonesia, mungkin Anda pernah mendengar cerita pengasingan Bung Karno di Bengkulu. Nah, ini dia rumah pengasingan Bung Karno yang terletak di Bengkulu tersebut. Sebuah rumah sederhana yang terletak di Jl. Soekarno Hatta tepatnya di kecamatan Gading Cempaka ini ditempati oleh Bung Karno selama empat tahun, yaitu pada tahun 1938 hingga tahun 1942. Rumah sederhana ini memiliki ukuran 18 x 9 meter. Jika dilihat dari arsitektur rumah yang memiliki lubang angin serta beberapa ornamen khas Tionghoa, diduga bahwa rumah ini sebelumnya merupakan milik seorang pedagang China sebelum disewa oleh tentara Belanda untuk dijadikan rumah pengasingan. Di sini, Anda bisa melihat-lihat suasana rumah, serta beberapa barang koleksi kepunyaan Bung Karno seperti buku-buku, sepeda, hingga surat cinta milik Bung Karno dan Fatmawati. Ada juga perlengkapan rumah lain seperti ranjang, kursi dan meja.
  1. Museum Negeri Bengkulu
Museum Negeri Bengkulu
Museum Negeri Bengkulu
Nah, jika Anda ingin mengenal Bengkulu lebih dalam lagi, Anda wajib untuk mengunjungi museum yang satu ini. Anda bisa menemukannya di Jl. Pembangunan nomor 8 yang berada di daerah Padang Harapan. Museum ini menyimpan banyak sekali nilai historis serta budaya yang dapat Anda pelajari. Di tempat wisata di Bengkulu ini, Anda dapat melihat koleksi yang mencapai 6,000 buah yang dibagi dalam 10 kategori. Salah satu koleksi favorit yang paling banyak diminati pengunjung museum adalah mesin cetak uang merah yang bermerek Golden Press. Ada juga Kain Bersurek, kain khas dari Bengkulu, 126 buah naskah kuno yang anonim, peralatan rumah tangga pada zaman dulu, miniatur rumah adat Bengkulu, pakaian serta senjata tradisional.
  1. Pantai Tapak Paderi
pantai tapak paderi bengkulu
pantai tapak paderi bengkulu
Jika sudah budaya sejarah dan budaya, kini saatnya mengungkap keindahan alam Bengkulu. Pantai Tapak Paderi adalah salah satu obyek wisata pantai yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Oh iya, pantai ini terletak hanya sekitar 100 meter saja dari Benteng Marlborough, lho. Di sini, Anda bisa menikmati hamparan pantai yang indah. Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan momen sunset atau matahari tenggelamnya. Sambil menikmati sunset, Anda bisa menyantap kuliner yang banyak dijajakan di sini seperti pisang bakar, jagung bakar, serta es kelapa muda. Wih, sedap! Selain karena keindahan alamnya, pantai ini juga terkenal dengan Festival Tabot yang sering diadakan di sini. Festival tersebut adalah sebuah peringatan dari wafatnya Husein bin Ali bin Abu Thalib. Pada festival tersebut, Anda dapat menikmati berbagai perlombaan dan pertunjukan seni. Ada juga pasar kaget di mana Anda dapat membeli berbagai pakaian, cinderamata serta kuliner khas Bengkulu. Baca Juga Pantai Tapak Paderi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar