Selasa, 27 Januari 2015

10 Minuman Dingin yang Ngetop di Bandu

1. Es Oyen

es oyen
es oyen
Siapakah yang belum pernah mendengar tentang Es Oyen? Bisa dikatakan es campur yang paling terkenal di Bandung adalah es oyen. Es Oyen yang sudah dijual sejak tahun 1954 awalnya dijajakan berkeliling sebelum kemudian membuka kedai di Jalan Sukajadi. Hingga kini, Es Oyen masih berlokasi di Jalan Sukajadi. Es oyen ini isinya terdiri dari berbagai macam buah-buahan yaitu alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang kaling, nangka yang diberi es serut dan susu kental manis. Dengan rasa manis yang pas, pantaslah bila kenikmatan Es Oyen ini tak lekang hingga puluhan waktu berlalu.

2. Mango Dessert Kedai Lingling

Mango Dessert
Mango Dessert
Jika sedang mampir di Kedai Lingling, selain menyantap ramen, jangan lupa untuk memesanMango Dessert. Istimewanya, mango dessert ini benar-benar menggunakan buah mangga asli dan bukannya sirup mangga. Buah mangga diblender hingga menjadi puree mangga yang lembut lalu dicampur dengan topping berbagai macam jelly warna-warni. Rasanya segar, ada sedikit masam dan manisnya tidak terlalu giung. Menilik rasanya sih, sepertinya dicampur dengan susu karena ada rasa gurihnya. Kedai Lingling ini terletak di Jalan Sukajadi 157, tidak jauh dari Paris Van Java dan di Jalan Geusan Ulun 1, Bandung, tak jauh dari sekolah St Aloysius.

3. Es Cendol Elizabeth

Es Cendol Elizabeth
Es Cendol Elizabeth
Es cendol adalah minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau daun suji yang disajikan dengan santan dan gula merah cair. Di Jawa Tengah, es cendol ini dikenal dengan name es dawet. Es cendol yang paling terkenal di Bandung adalah Es Cendol Elizabeth. Es Cendol Elizabeth ini dirintis oleh Rokhman yang sejak tahun 1984 berjualan di depan toko tas Elizabeth di Jalan Otista. Es Cendol Elizabeth yang asli berpusat di Jalan Inhoftank No. 64 Bandung dan beberapa cabangnya ada di jalan otista, Merdeka, Buah Batu, Pahlawan, Kopo, Majalaya. Keunggulan Es Cendol Elizabeth terletak pada bahan bakunya yang masih alami, sama sekali tidak menggunakan bahan kimia. Kadar gula dan santannya juga lebih kental.

4. Es Mambo Lembang

Es Mambo Lembang
Es Mambo Lembang
Klikers yang sedang berwisata (sembari bermacet-ria :p) ke Lembang di akhir pekan, jangan lupa mampir ke Es Mambo & Yogurt Lembang, Jalan Cijeruk No 19A, Lembang. Toko ini menjual es mambo batang dengan berbagai rasa. Ada rasa blackberry dengan serpihan buah buah blackberry, rasa cokelat, kacang hijau, strawberry, dan berbagai rasa lainnya.

5. Es Goyobod

Es Goyobod Pasar Baru
Es Goyobod Pasar Baru
Es goyobod adalah salah satu minuman tradisional khas Jawa Barat. Goyobod terbuat dari tepung hunkwe yang lalu dipotong-potong bentuk kubus. Teksturnya kenyal. Goyobod ini kemudian dicampur dengan santan dan gula kawung. Kadang dicampur dengan kelapa muda, alpukat, pacar cina, kolang-kaling, potongan roti tawar, dan peuyeum (tape). Salah satu es goyobod yang terkenal di Bandung adalah Goyobod Kuno 1949 yang berlokasi di kawasanPasar Baru, di Jalan Pasar Utara, tak jauh dari toko jamu Babah Kuya. Sesuai namanya, es goyobod ini sudah dijual sejak tahun 1949. Disajikan dengan kelapa muda, gula kawung, dan sedikit susu kental manis, Goyobod Kuno 1949 wajib dicoba bagi Klikers yang sedang berbelanja di Pasar Baru. Aaah… segar….

6. Es pisang ijo

Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo
Sebenarnya, sajian yang satu ini berasal dari Makasar. Pisang raja yang dibungkus dengan kulit hijau dari tepung beras ini disajikan dengan kuah santan kental dan vla dan sirup. Bisa juga ditambahi dengan butiran kacang, meses, ataupun saus cokelat. Mantappp! Bagi para penggemar pisang ijo, es pisang ijo yang recommended di Bandung ini adalah Es Pijang Ijo Lekker yang terletak di Jalan Pasirkaliki depan sekolah BPK Penabur dan Es Pijang Ijo T & J yang terletak di Jalan Dipati Ukur depan Kampus Unikom.

7. Yogurt Cisangkuy

Yogurt Cisangkuy
Yogurt Cisangkuy
Inilah yogurt legendaris di kota Bandung. “Yogurt? Ih, aku nggak suka asam!” Eits, tunggu dulu… Berbeda dengan yogurt yang biasanya rasa masamnya membuat wajah kita berkerut, Yogurt Cisangkuy disajikan dengan rasa yang tidak terlalu asam, bahkan cukup manis dan tidak terlalu kental. Yogut Cisangkuy ini tersedia dalam 25 pilihan rasa, seperti strawberry, anggur, lychee, mocca, vanila dan lain-lain. Cara penyajiannya pun bermacam-macam, seperti juice (buah dan yogurt diblender bersama), non juice (buah dan yogurt tidak diblender bersama), atau special juice (buah dan yogurt diblender bersama lalu ditambahkan potongan buah). Yogurt Cisangkuy terletak di Jalan Cisangkuy No 85, Bandung Utara. Ah, asyiknya menikmati yogurt yang dingin di tengah semilir angin yang sejuk…

8. Es Durian Pak Aip

Es Durian Pak Aip
Es Durian Pak Aip

Buah yang legitnya tiada ini memang asyik dijadikan berbagai macam penganan. Bukan hanya diolah menjadi pancake durian, namun juga bisa dijadikan sop. “Sop durian? Nggak salah?” Yup, betul banget, Klikers! Sop durian ini bisa kamu cicipi di Es Durian Pak Aip, Jalan Tubagus Ismail Raya, Bandung. Lembutnya durian dipadukan dengan gurihnya santan, gula, dan es. Maknyusss! Di Es Durian Pak Aip, disajikan juga menu chocolove (durian yang dicampur dengan susu cokelat dan santan) dan juga es durian dengan berbagai rasa seperti Brown Sugar, Strawberry Crush, Evergreen, Ice Cream, dan masih banyak lagi. Es Durian Pak Aip ini sudah berdiri sejak tahun 1980, lho!

9. Es Mang Utuy

Es Kelapa Lemon
Es Kelapa Lemon
Tertarik mencicipi Es Kelapa Lemon? Atau Es Kelapa Negro? Es Timun Suri Jeruk? Es Alpukat Negro? Wow, unik-unik ya menunya! Nah menu dessert nan unik ini dapat Klikers nikmati diJalan Sadewa, tepatnya di gerobak Mang Utuy. Es kelapa negro adalah es kelapa muda yang dicampur dengan susu kental manis cokelat. Jadi sudah ketebak ya kalau Es alpukat negro itu apa? Hehehe. Buat yang sedang menderita panas dalam, es timun suri jeruk bisa jadi pilihan tepat. Mang Utuy juga menjual es campur yang recommended untuk dicicipi.

10. Es Cincau Kacang Merah Rumah Kayu

Es Cincau Kacang Merah
Es Cincau Kacang Merah
Kalau Anda sedang berwisata ke Lembang, jangan lupa untuk mampir di restoran Rumah Kayu Kafe Taiwan, alamatnya di BTN Pusdik Ajen Jalan Wira No. A22 Lembang Bandung. Es cincau hijau yang dijual di sini enak banget rasanya, Klikers! Cincaunya kenyal, mirip konyaku jelly. Yang membuatnya unik, es cincaunya dicampur dengan kacang merah. Kacang merah yang digunakan adalah kacang endul yang biasanya dipakai di sayur asem itu, lho! Dengan tambahan susu kental manis, es cincau kacang merah ini jadi dessert wajib saya setiap kali sedang bersantap di Rumah Kayu, Lembang.
Nah, itulah Top 10 Minuman Dingin paling mantap di Bandung. Semoga dapat menyegarkan Klikers yang lagi hareudang sewaktu berwisata di Bandung. Dan semoga ke depannya makin banyak pohon-pohon rindang yang ditanam supaya Bandung bisa tambah sejuk. See you on the next culinary review!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar