Rabu, 28 Januari 2015

Resep Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh Enak

Resep Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh Enak – Masakan Ayam Tangkap adalah merupakan salah satu kuliner khas yang berasal dari daerah Aceh, dan konon kabarnya kebiasaan menyantap hidangan masakan Ayam Tangkap telah menjadi budaya turun temurun masyarakat Aceh semenjak zaman nenek moyang mereka. Proses pembuatan Ayam Tangkap ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit, namun yang harus diperhatikan adalah dalam proses pengolahannya sebaiknya menggunakan ayam kampung agar rasa yang dihasilkan nanti bisa benar benar gurih hingga ke dalam dan aromanya pun terasa harum.

Resep Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh Enak
Masakan Ayam Tangkap ini merupakan salah solusi yang tepat bila keluarga anda sedang bosan dan kurang nafsu makan dikarenakan menu masakan yang hanya itu itu saja dan tidak variatif. Dan masakan Ayam Tangkap ini sangatlah cocok bila disajikan dengan nasi hangat. Penasaran ingin mencoba rasanya dan ingin tahu cara membuat ayam tangkap tersebut ? anda bisa mengikuti step resep membuat ayam tangkap khas acehberikut yang telah kami uraikan secara singkat agar mudah dimengerti dan dipraktekkan dirumah.
Bahan Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh :
1 ekor ayam (disarankan ayam kampung)
4 lembar daun pandan, iris kasar
8 tangkai daun salam koja (temurui)
1 liter minyak goreng
2 buah cabai hijau
1 cangkir air matang
Bumbu Halus Ayam Tangkap Khas Aceh :
6 siung bawang putih (3 siung dirajang, lalu 3 siungnya yang lain dihaluskan)
3 buah bawang merah
5 buah cabe rawit
1 ruas ibu jari (2 cm) kunyit
1 ruas ibu jari (2 cm) jahe
1 sdt garam
Air asam jawa, secukupnya
Cara Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh :
  • Langkah pertama, Potong ayam menjadi sekitar 24 -30 potongan kecil, lalu cuci bersih dan bila perlu remas-remas dengan menggunakan air perasan jeruk nipis.
  • Langkah kedua, Haluskan semua bahan bumbu halus lalu campurkan dengan 200 ml air matang.Kemudian masukkan potongan ayam ke dalam bumbu tersebut dan rendam selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu panaskan minyak di sebuah wajan besar hingga benar-benar mendidih. Lalu goreng ayam hingga berwarna agak kecokelatan. (Usahakan agar semua ayam harus tenggelam dalam minyak dan jangan sampai terlalu saling berhimpitan satu sama lain, ataukah kalau mau amannya jangan menggoreng semua ayam sekaligus, melainkan sedikit demi sedikit saja.)
  • Selanjutnya, menjelang ayam matang, masukkan irisan bawang merah beserta daun salam koja, cabe hijau dan daun pandan. Kemudian teruskan menggoreng hingga sekitar tiga menit. Setelah itu angkat, tiriskan sebentar, lalu segera hidangkan dalam keadaan panas bersama nasi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar