Selasa, 25 November 2014

Softskill manajemen



1. Pengertian manajemen
Manajemen adalah merupakan disiplin ilmu yang dinamis dan merupakan sebuah proses yang dalam mencapai tujuan tujuan organisasi.

2. Fungsi manajemen.
Fungsi perencanaan, proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi  kecendrungan dimasa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Fungsi pengorganisasian, proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi.
Fungsi pengarahan dan implementasi,proses implemengasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi.
Fungsi pengawasan dan pengendalian, proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisikan, dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam
lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Fungsi operasional dan manjemen, pada pelaksanaannya fungsi-fungsi manajemen yanh dijalankan menurut tahapan tertentu akan sangat berbeda jika didasarkan pada fungsi operasionalnya. Secara operasionalnya, fungsi planning untuk sumber daya manusia akan berbeda dengan fungsi planning untuk sumber daya fisik dan sebagainya.

3. Tingkatan Manajemen dan keterampipannya.
-Top Management, manajer bertanggung jawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. Keahlian yang dimiliki pada top management adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan merumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajet dibawahnya.
-Middle Management, manajer bertanggung jawab melakukan rencana dan memastikan tercapainya suatu tujuan. Middle management memiliki keterampilan interpersonal artinya keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain.
-Low Management, manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana rencana yang telah ditetapkan oleh manajer yang lebih tinggi. Pada tingkatan ini memiliki keahlian Teknis, yaitu keahlian yang mencakup prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang tertentu.

4. Perbedaan perencanaan strategis dan taktis.
Perencanaan strategis menjelaskan arah yang akan dituju perusahaan dan menuntun pengalokasian sumber daya dan upaya sedangkan perencanaan staktis yaitu tindakan jangka pendek yang dilakukan untuk menerapakan strategi yang lebih luas.

5. Gaya kepemimpinan.
-eksploitatif, pemimpin yang memeras bawahan, bawahan harus mencapai tujuan dan jika gagal akan dihukum.
-otoritatif, pemimpin yang keras terhadap bawahan, bawahan tidak boleh memberi komentar terhadap perintah pemimpin.
-konsultatif, yaitu pemimpin yang selalu meminta pendapat dari bawahan, perintah biasanya dikeluarkan setelah diskusi dengan bawahan.
-partisipatif, pemimpin yang selalu mengambil keputusan sesuai kesepakatan bawahan.
Gaya kepemipinan yang cocok diterapkan untuk setiap perusahaan yaitu konsultatif. Dengan konsultatif seorang manajer akan mengetahui kekurangan aoa yang terdapat pada perusahaan dan selain itu juga dapat menambah produktivitas perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar