Kamis, 06 November 2014

Soft Skill organisasi (Pengantar Bisnis)

  • Organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja sama untuk merealisasikan tujuan tersebut. Organisasi memiliki suatu terstruktur yang terumuskan dengan baik, yang menerangkan  hubungan-hubungan otoritasnya, kekuasaan, akuntabilitas, dan tanggung jawabnya. 
  • Struktur yang terdapat dalan organisasi menerangkan bentuk saluran saluran melalui apa komunikasi berlangsung. Kemudian menunjukkan tugas tugas bagi masing-masing anggotanya. Selain itu badan usaha didefinisikan sebagai organisasi yang terstruktur dalam mengelola faktor faktir produksi untuk mendapat keuntungan.
  • Rentang kendali merupakan jumlah bawahan langsung yang dapat dipimpin atau dikendalikan secara efektif oleh seseorang manajer. Rentang kendali sangat perlu dalam pengorganisasian, karena berhubungan dengan pembagian kerja, koordinasi, dan kepemimpinan seorang pemipin. Rentang kendali diperlukan dalam organisasi karena adanya 'faktor keterbatasan manusia' yaitu keterbatasan waktu, pengetahuan, perhatian, dan kemampua
Faktor faktor yang mempengaruhi rentang kendali: 
  1. Sifat dan terperincinya rencana 
  2. Latihan latihan dalam perusahaan 
  3. Posisi manager dalam perusahaan
  4. Dinamis dan statisnya organisasi 
  5. Efektivitas komunikasi.

  • Struktur matriks merupakan gabungan antara struktur fungsional dan divisional untuk mendapat keuntungan dari kedua struktur tersebut dan meminimalkan kekurangan dari masing masing struktur tersebut.
kelebihan struktur matriks
  1. Lebih baik kerjasamanya antar lintas fungsi 
  2. Peningkatan pengambilan keputusan 
  3. Pelayanan pelanggan jadi lebih baik 
  4. Akuntabilitas kinerja lebih baik 
  5. Meningkatkan fleksibilitas dalam restrukturisasi
Kelemahan struktur matriks 
  1. Adanya sistem dua boss yang rentan terhadap perebutan kekuasaan 
  2. Adanya sistem dua boss yang dapat membuat kebingungan tugas dan konflik dalam prioritas kerja
  3. Rapat team biasanya memakan banyak waktu 
  4. Adanya "groupitis" yang merugikan organisasi 
  5. Peningkatan biaya karena menambah struktur tim.
  • Organisasi formal ialah suatu organisasi yang memiliki struktur yang jelas, pembagian tugas yang jelas, serta tujuan yang ditetapkan secara jelas. Atau organisasi yang memiliki struktur (bagan yang menggambarkan hubungan-hubungan kerja, kekuasaan, wewenang dan tanggung jawab antara pejabat dalam suatu organisasi).
  • Organisasi Informal kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.

karakteristik oraganisasi formal
  1. Sistem kegiatan terkoordinasi
  2. Kelompok orang 
  3. Kerjasama mencapa tujuan 

Karakteristik organisasi informal
  1. Lepas
  2. Fleksibel
  3. Tidak terumuskan
  4. Spontan 
  • Sentralisasi adalah memusatkan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada diposisi puncak pada suatu organisasi. Kelebihan sentralisasi yaitu dimana pusat tidak harus pusing pusing pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan, karena seluruh keputusan dan kebijakan dikoordinir oleh pusat. Kelemahannya yaitu dimana seluruh keputusan dan kebijakan dihasilkan oleh orang orang yang berada di pusat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memutuskan sesuatu menjadi lebih lama.
  • Desentralisasi yaitu pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang orang yang berada pada level bawah dalam struktur organisasi. Kelebihan desentralisasi yaitu sebagian besar keputusan dan kebijakan yang berada di daerah dapat diputuskan di daerah tanpa adanya campur tangan pusat. Kelemahan nya yaitu euforia yang terlalu berlebihan dimana wewenang tersebut hanya mementingkan kepentingan kelompok serta digunakan untuk mengeruk keuntungan pribadi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar